10 Tempat Wisata Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Informasi Wisata Jogja - Jogja adalah salah satu destinasi wisata terpopuler yang ada di Indonesia. Setiap akhir pekan Jogjakarta selalu dipadati oleh ribuan wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan yang berasal dari luar kota Jogja. Kota pendidikan ini akan terlihat makin sesak pengunjung ketika liburan panjang tiba seperti libur lebaran, natal, tahun baru dan libur besar lainnya.

Kota Jogjakarta memang kota yang menawan, keindahan tata kota serta bangunan yang mengandung nilai seni tinggi membuat orang selalu ingin kembali kesana, seperti lagu yang dilantunkan oleh group band Kla Project "Jogja".

Kota yang sekaligus provinsi ini memiliki banyak sekali objek wisata yang wajib untuk dikunjungi dan dijadikan sebagai tempat liburan, mulai dari wisata pantai, wisata kuliner, wisata alam, wisata malam khususnya di daerah Malioboro, dan masih banyak lagi. Selain itu Jogja juga memiliki tempat penginapan dari kelas melati hingga hotel bintang 4.

Ingin mudah mengelilingi tempat-tempat wisata di jogja baik terbaru maupun yang sudah ada sejak lama Anda bisa menggunakan jasa paket wisata atau tour, baik yang murah maupun yang mahal semua ada disana. Paket traveling jogja umumnya sudah termasuk perjalanan ke wisata kota, pantai, alam, tempat kuliner bahkan ada yang sampai ke candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Jadi, mau ke Jogja tapi masih bingung mau kemana saja? Daftar 10 tempat wisata dibawah ini akan memberikan referensi kepada Anda, dan dijamin setelah membacanya Anda tidak akan bingung lagi mau menuju kemana setelah sampai di Kota Jogjakarta.

10 Tempat Wisata Jogja Yang Wajib Dikunjungi


1. Malioboro

foto tempat wisata jogja terbaru malioboro
Siapa yang tak kenal Malioboro, namanya sudah tersohor seantero jagad Indonesia khususnya pulau Jawa. Malioboro adalah nama sebuah jalan yang ada di Kota Jogja. Jika Anda sampai ke kota Jogja sebaiknya tempat wisata yang pertama kali dikunjungi adalah Malioboro, karena disana Anda juga bisa sekaligus mencari tempat penginapan atau hotel. Di kawasan Malioboro jika saat liburan sangat penuh sesak dengan wisatawan, terlebih saat malam hari, karena kebanyakan orang lebih suka menikmati wisata malam di kawasan Malioboro ini. Untuk berfoto di bawah plang Malioboro saja Anda harus rela mengantri, karna sangat sayang untuk dilewatkan jika ke Jogja tidak memiliki foto dengan background plang Malioboro.

Apa yang membuat Malioboro begitu terkenal dan jadi tempat favorit? Penasaran ya? Sepanjang Malioboro berderet toko pakaian yang akan memanjakan para pengunjungnya berwisata belanja disana, selain itu banyak juga terdapat penjual oleh-oleh khas Jogja serta makanan. Makan disana yang paling terkenal adalah gudeg, pejaja nasi gudeg banyak ditemukan saat malam hari. Selain itu yang menarik adalah adanya seniman yang bernyanyi dan bermain musik dipinggir jalan, mereka menunjukan kebolehannya dalam bermain musik dan hanya menerima pemberian sukarela dari para penjalan kaki. Indahnya Malioboro.

2. Keraton Jogja

foto keraton jogja terbaru
Masih berada di daerah kota, setelah Anda menyimpan segala perbekalan di hotel dan bersih-bersih, lanjut pergi ke Keraton Jogja. Keraton Jogja merupakan satu dari 10 tempat wisata terfavorit di Jogja yang waji untuk dikunjungi. Keraton Jogja selalu ramai pengunjung, bangunan kesultanan Jogjakarta yang bernilai seni tinggi serta bersejarah adalah yang menjadi daya tarik para wisatawan. Bangunan Keraton Jogja merupakan bangunan dengan konstruksi arsitektur kuno jaman Belanda, di dalam Keraton juga terdapat koleksi benda-benda antik hadiah dari Raja Eropa yang merupakan milik kesultanan. Jika ingin berkunjung ke Keraton Jogja sebaiknya datang di pagi hari karena Keraton buka dari pukul 8 pagi sampai dengan 2 siang. Bagi para penggiat sejarah, maka tempat wisata ini cocok untuk dijadikan tujuan wisata Anda.

3. Istana Taman Sari

foto istana taman sari
Tempat rekreasi Jogja lainnya yang wajib dikunjungi adalah Istana Taman Sari. Istana Taman Sari dahulu merupakan sebuah tempat meditasi para keluarga kerajaan Jogja. Istana Taman Sari juga memiliki fungsi sebagai benteng pertahanan kala musuh menyerang dahulu kala. Masuk dalam nominasi 10 besar tempat wisata Jogja, Taman Sari memang menjadi objek wisata favarit dengan pengunjung yang banyak setiap liburan tiba. Hal yang membuat para wisatawan tertarik mengunjungi tempat ini adalah karena arsitektur bangunannya yang unik dan bernilai seni tinggi. Suasana yang sejuk dan segar membuat para wisatawan semakin betah berlama-lama disana. Selain bangunan unik, di Taman Sari terdapat beberapa kolam yang dikelilingi oleh kebun bunga yang wangi. Untuk dapat masuk ke area Istana Taman Sari dipatok harga tiket sebesar Rp 5.000 per orang. 

4. Candi Prambanan

foto candi prambanan
Masih berhubungan dengan sejarah, salah satu bangunan yang sangat terkenal ini menjadi daftar wajib tempat wisata untuk dikunjungi ketika berada di Yogyakarta. Bisa dipastikan setiap orang yang berkunjung ke Jogja selalu mengunjungi Candi Prambanan. Candi Prambanan adalah sebuah kawasan Candi umat Hindu yang usia nya sudahratusan tahun dan merupakan yang terbesar di Indonesia. Relief unik yang terukir di candi adalah bercerita tentang kisah Ramayana dan Khrisnayana. Terletak 17 km dari pusat kota Jogja, Candi Prambanan tidak akan pernah sepi pengunjung, terlebih jika ada pentas seni disana. Untuk mencapai kawasan wisata Candi Prambanan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jika tidak membawa mobil pribadi sebaiknya menggunakan bus kota yang selalu berhenti di halte Prambanan, dari sana tidak jauh untuk menuju ke lokasi.

5. Candi Borobudur

foto terbaru candi borobudur
Selain Candi Prambanan di Jogja terdapat juga Candi Budha yang terbesar di Indonesia, yaitu Candi Borobudur. Sebenarnya letak geografis Candi Borobudur bukan di Jogja, tetapi lebih tepatnya di Magelang, kurang lebih 40 km dari pusat Kota Jogjakarta. Candi Borobudur merupakan lokasi wisata yang menjadi primadona para wisatawan baik lokal maupun turis asing. Kemegahan Candi Borobudur membuat setiap orang berdecak kagum ketika berada di dekatnya dan menyaksikan serta membayangkan bagaimana cara membangunya dahulu kala. Selain sebagai objek wisata, Candi Borobudur masih dijadikan tempat peribadatan umat Budha, khususnya saat Hari Raya Waisak. Setiap pengunjung yang masuk ke area Candi Borobudur wajib mengenakan kain khas yang dibebatkan di badan seperti memakai sarung. Candi Borobudur adalah candi yang memiliki relief dan stupa terbanyak di dunia. Jadi sempatkanlah untuk berkunjung ke Borobudur ketika berada di Jogja agar Anda dapat melihat maha karya yang megah itu.

6. Pantai Parangtritis

foto naik delman di pantai parangtritis
Tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis merupakan destinasi wisata bahari yang paling terkenal di Jogjakarta. Para wisatawan selalu terpukau ketika menikmati indahnya sunset disana. Selain itu, pantai yang berjarak 25 km dari pusat Kota Jogja tersebut memiliki keunikan lain yaitu adanya bukit-bukit pasir di area pantai. Pantai Parangtritis memiliki ombak yang cukup tinggi dan arus yang kuat karena letaknya yang berada di tepi Samudra Hindia. Disana selain dapat menikmati panorama pantai dan sunset sambil menaiki delman, Anda juga dapat mencoba permainan paralayang yang ada di Bukit Parangndog. Tentunya patut untuk dicoba bukan, ayo kapan lagi.

7. Gunung Merapi

foto-terbaru-gunung-merapi-jogjakarta
Gunung merapi adalah sebuah gunung berapi yang masih aktif yang ada di Jogja. Gunung yang pernah meletus di tahun 2015 itu masih memiliki pesona eksotik yang layak untuk di masukan kedalam daftar 10 besar tempat wisata Jogja yang wajib untuk dikunjungi. Bagi para pecinta alam, Gunung Merapi adalah tempat wisata favorit untuk pendakian. Gunung yang paling terkenal di Jogjakarta ini memiliki ketinggian 2.930 mdpl, cukup tinggi untuk dijadikan trek pendakian. Salah satu momen yang paling indah ketika berada di puncak Gunung Merapi adalah menyaksikan matahari terbit. Untuk harga tiket masuk ke kawasan wisata Gunung Merapi adalah Rp 3.000 per orang. Jika berkunjung kesana secara rombongan dalam rangka melakukan pendakian dan berkemah mungkin adkan diberikan harga khusus.

8. Goa Jomblang

cahaya surga di goa jomblang
Goa Jomblang merupakan objek wisata yang ada di daerah Gunung Kidul Jogjakarta. Goa Jomblang tidak seperti pada umunya goa, bentuk Goa Joblang adalah vertikal dengan lobang di atas tanah menuju ke dalaman kebawah. Selain memiliki hutan purba di dalammya, Goa Jomblang juga memiliki daya tarik lain yang menjadikan para wisatawan berkunjung kesana, adalah pancaran cahaya yang menembus kedalaman goa yang disebut sebagai cahaya surga. Cahaya tersebut berasal dari cahaya matahari yang masuk kedalam goa melalu celah-celah pepohonan sehingga tampak seperti belahan-belahan cahaya yang memang cocok untuk disebut sebagai cahaya surga. Cahay surga akan terbentuk secara alami saat pukul 10 sampai 12 siang. Jadi pastikan jika ingin kesana pada jam-jam itu. Siapa saja yang mengunjungi objek wisata Goa Jomblang pasti akan berdecak kagum melihat pesona pancaran cahayanya.

9. Kebun Binatang Gembira Loka

wisata-keluarga-kebun-binatang-gembira-loka
Tempa wisata selanjutnya adalah Gembira Loka, sebuah kebun binatang yang berada di Kotagede Jogjakarta ini memiliki banyak koleksi binatang baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Selain koleksi binatang yang cukup lengkap, Gembira Loka juga menyediakan wahana permainan seperti sepeda air, kolam tangkap ikan, ATV, perahu kayuh, menunggang gajah, menunggang unta, dan lain sebagainya. Harga tiket masuk ke kebun binatang gembira loka adalah Rp 25.000 per orang. Objek wisata gembira loka cocok untuk rombongan keluarga, terutama mengajak anak-anak untuk memperkenalkan aneka ragam jenis binatang.

10. Arung Jeram Citra Elo

foto-arung-jeram-citra-elo
Jika Anda menyukai tantangan, maka wisata arung jeram ini patut untuk Anda coba. Wisata arung jeram Citra Elo merupakan objek wisata yang sebenarnya berada di Magelang, tepatnya di Jalan Raya Sendangsono KM. 0.2, Kecamatan Mungkid Borobudur. Harga tiket masuk arung jeram citra elo berbeda untu setiap paketnya, ada family trip, moderate trip dan juga adventurer trip. Bagi yang berjiwa tantangan cocok untuk mengajak keluarga kesana. Selain arung jeram di Citra Elo juga ada beberapa wahana lain seperti paintball, flying fox, buggy jumping, outbond training, dan juga camping. 
Rasanya tak lengkap liburan Anda jika tidak mencoba arung jeram di Citra Elo Jogja ini, bersama keluarga dan kerabat dekat tentunya akan semakin menyenangkan dan akrab.

Demikian 10 tempat wisata di Jogjakarta yang wajib untuk dikunjungi, pastikan semua daftar di atas masuk kedalam buku saku Anda ketika rencana berlibur ke Jogja Anda putuskan. Semoga liburannya menyenangkan!

0 Response to "10 Tempat Wisata Jogja Yang Wajib Dikunjungi"

Post a Comment